• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Close up kepala shower yang mengeluarkan air hangat

Apakah lo tipe orang yang lebih senang mandi pagi, atau justru menghindarinya? Perlu lo ketahui, ternyata manfaat mandi pagi itu sangat besar, loh, terutama untuk kesehatan fisik dan mental.

Mandi bukanlah kebiasaan yang asing, terutama untuk orang Indonesia. Ada berbagai pendapat soal waktu yang baik untuk mandi pagi. Namun, umumnya orang Indonesia melakukan aktivitas tersebut di jam 3-7 pagi, tepat sebelum memulai rutinitas.

Nggak hanya dilakukan sebagai rutinitas harian, mandi pagi juga memberi keuntungan besar untuk tubuh dengan cara-cara berikut:

1. Untuk Memperkuat Imunitas

Tangan seseorang sedang menghalau virusSalah satu manfaat mandi pagi untuk kesehatan yang paling utama adalah memperkuat daya tahan tubuh. Ini karena suhu air tertentu dapat menstimulasi sistem imun dengan cara memproduksi hormon norepinephrine, yang dapat membuat respon imun bekerja lebih baik.

Selain itu, mandi pagi juga bisa membuat tidur lo lebih nyenyak dan berkualitas. Perlu lo ketahui, tidur yang berkualitas merupakan salah satu syarat utama untuk menguatkan sel-sel imun tubuh. 

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Paper cut-out lambang hati dan detak jantungMenurut studi[1], mandi dapat menstabilkan denyut jantung secara signifikan. Hal ini berpotensi membantu orang yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular. Dengan denyut jantung yang lebih stabil, lo akan mengurangi risiko penyakit, mulai dari hipertensi hingga inflamasi atau kerusakan pembuluh darah.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Model jantung dan stetoskopMandi air dingin atau air hangat, semuanya ada manfaatnya. Nah, salah satu manfaat mandi air hangat di pagi hari ada pada efeknya dalam proses peningkatan sirkulasi darah.

Dengan mandi air hangat, tubuh lo dapat meregulasi sel-sel imun dan mendukung proses transportasi nutrisi, sehingga organ-organ tubuh mendapat asupan gizi secara efektif.

4. Terhindar dari Penyakit Akibat Infeksi Patogen

Close-up tangan pria yang mengalami kemerahanPernahkah lo mandi tanpa menggunakan sabun? Jika pernah, sebaiknya mulai sekarang lo kurangi kebiasaan itu kalau lo ingin lebih sehat.

Pasalnya, salah satu fungsi mandi dengan sabun adalah untuk membunuh mikroorganisme penyebab penyakit yang ada pada kulit, misalnya jamur, kuman, atau bakteri. Jika lo hanya asal guyur saja, kecil kemungkinan mikroorganisme tersebut akan mati.

Meski terdengar sepele, hal ini mengakibatkan risiko berbagai penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga pelemahan sel-sel imun tubuh.

5. Mengurangi Risiko Rematik

Pria Asia berkacamata memegang tangan sambil berekspresi kesakitanJika lo atau orang terdekat memiliki penyakit rematik, rasa sakit atau kaku di pagi hari mungkin menjadi sensasi yang kerap dirasakan. Untuk meredakan perasaan tak nyaman tersebut, lo bisa mandi air hangat di pagi hari.

Mandi air hangat di pagi hari berpotensi membantu tubuh dan otot lebih rileks, sehingga rasa sakit akibat rematik bisa berkurang. Selain itu, mandi air hangat juga bisa membantu tubuh merilis hormon endorphin yang memberikan sensasi nyaman dan meminimalisir sensasi nyeri.

6. Meningkatkan Mood Sebelum Beraktivitas

Pria muda tersenyum ke kameraSaat mandi pagi, lo pasti akan ‘melek’ dan tidak ngantuk lagi, bukan? Nah, itulah salah satu alasan harus mandi pagi hari; supaya lo lebih semangat dalam menyambut hari.

Mandi pagi, terutama dengan air dingin, dapat meningkatkan sensasi ‘waspada’ atau terbangun yang dapat memberikan efek positif pada mental. Tak hanya membuat tubuh lebih segar, hal ini juga berpotensi meningkatkan imun tubuh, sehingga lo nggak mudah sakit.

7. Membuat Hari Lebih Produktif

Pria muda mencatat di notebook sambil tersenyumDalam sebuah studi, ditemukan bahwa rajin mandi pagi membuat tingkat produktivitas meningkat.[2]

Alasannya, selain karena mandi pagi membuat mood lo lebih positif dalam beraktivitas, imunitas lo juga akan semakin kuat. Nah, karena tidak mudah sakit, tingkat produktivitas lo pasti meningkatkan secara signifikan.

8. Dapat Mengurangi Rasa Stress

Close-up tangan memegang emoji senyum dari kertasSedang merasa stress tidak karuan? Coba mulai mandi pagi secara konsisten.

Pasalnya, mandi dapat memberi efek rileks dengan cara menurunkan produksi hormon stres dalam tubuh, misalnya kortisol. Kebiasaan sederhana ini dapat membantu lo mengatasi rasa cemas, kebiasaan cepat marah, serta mengurangi rasa depresi.[3]

Jadi Sehat, Bersih, dan Wangi dengan Body Wash Kahf

Kahf Brightening and Cooling Body WashSudah tahu manfaat mandi bagi kesehatan, tapi tetap enggan untuk mandi pagi? Coba akali dengan menggunakan produk body wash yang tidak hanya mampu membersihkan secara maksimal, tapi juga punya wangi yang menyenangkan.

Nah, untuk itu, lo percayakan saja pada ahlinya, yaitu Kahf Brightening and Cooling Body Wash.

Dengan ekstrak Moroccan Mint, body wash Kahf ini dapat memberi lo sensasi segar, membuat lo auto ‘bangun’ dan siap beraktivitas. Apalagi, aromanya pun bisa membuat pikiran lo tetap rileks, meski sedang mengalami morning rush.

Selain itu, Brightening and Cooling Body Wash ini juga punya efek mencerahkan dan membersihkan kulit dengan efektif. Jadi, nggak cuma mencegah infeksi kuman dan bakteri, lo juga akan terlihat makin glowing seiring waktu.Akhir kata, ada segudang manfaat mandi pagi yang sayang jika lo lewatkan. Makanya, supaya rutinitas pagi ini lebih enjoyable, pastikan lo memilih body wash dari Kahf, dan hadapi hari dengan lebih enerjik.

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X