• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Potret tubuh pria dari pinggang ke bawah

Topik ‘aurat’ seringkali lebih akrab dengan kaum hawa, tetapi laki-laki juga memiliki ketentuan penting terkait hal ini. Yuk, bahas lebih dalam soal aurat laki-laki, supaya Lo bisa memahami batasan serta menghindari hal-hal yang tak diinginkan!

Apa Itu Aurat?

Pria muda berbaju koko dan berpeci tersenyum ke kameraDalam bahasa Arab, kata ‘aurat’ berakar dari tiga kata, yaitu:

  • “‘Awira”, artinya kurang lebih “hilang perasaan atau cahaya jika dipandang”. Kata ini merujuk pada ‘tidak baik untuk dipandang’.
  • ‘Ara”, artinya “menutup” atau “menimbun”.
  • “‘A’wara”, yang merujuk pada “sesuatu yang akan mencemarkan apabila dilihat”.

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa ‘aurat’ merujuk pada sesuatu atau anggota tubuh yang tak boleh diperlihatkan agar tidak ‘memadamkan cahaya’, yang bisa diartikan sebagai ‘memalukan’ atau ‘mengecewakan’.

Hukum Menutup Aurat dan Tujuannya Bagi Laki-laki

Close up sarung beragam warnaBagi pria Muslim, menutup aurat adalah hal wajib. Ketentuan ini tertera dalam Al-Qur’an Surat An-Nur ayat 30, yang artinya:

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman hendaklah mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya. Demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang mereka perbuat.”

Kemudian, hal ini juga dipertegas oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits tentang aurat laki-laki, yang berbunyi:

Dari Abi Musa, dengan semisalnya ‘Ashim menambahkan (diriwayatkan), sesungguhnya Nabi saw itu pernah duduk di suatu tempat berair, kedua lutut atau satu lutut beliau tersingkap, lalu ketika tiba-tiba Usman masuk, beliau langsung menutup lututnya”

(HR. Al-Bukhari)

Selain untuk mematuhi perintah agama, tujuan menutup aurat bagi laki-laki adalah menjaga kehormatan, kesopanan, serta martabat diri. Selain itu, menutup aurat juga dapat membantu Lo menjaga kebersihan tubuh agar ibadah Lo sah dan tetap nyaman.

Apa Saja Aurat Laki-laki?

Close up area pinggang dan lutut priaPada umumnya, aurat laki-laki ditetapkan dari area pusar sampai ke lutut, mencakup pusar, perut bagian bawah, alat kelamin, dan paha. Meski begitu, keempat mazhab memiliki ketentuan yang sedikit berbeda. Begini detailnya:

Mazhab Syafi’i

Dalam mazhab Syafi’i, batas aurat pada sesama laki-laki dan perempuan mahram adalah area pusar sampai ke lutut. Sedangkan untuk lawan jenis bukan mahram, seluruh tubuh laki-laki dianggap sebagai aurat.

Mazhab Maliki

Berdasarkan mazhab Maliki, aurat laki-laki terbagi dua, yakni mughalazah dan mukhaffafah. Aurat mughalazah mencakup qubul (saluran kelamin) dan dubur, sementara aurat mukhaffafah mencakup area pusar hingga perut.

Ketentuan ini berlaku terhadap sesama lelaki dan perempuan mahram. Sementara itu, untuk lawan jenis yang bukan mahram, aurat laki-laki mencakup seluruh bagian tubuh, kecuali kepala, tangan, serta kaki.

Mazhab Hambali

Mazhab Hambali menetapkan aurat laki-laki ialah pusar hingga lutut. Ketentuan ini berlaku untuk setiap orang, termasuk sesama lelaki, serta setiap perempuan, baik mahram atau bukan.

Mazhab Hanafi

Ketentuan aurat dalam mazhab Hanafi mirip dengan mazhab Hambali. Artinya, mazhab ini menetapkan bahwa aurat laki-laki adalah area pusar sampai lutut, dan ini berlaku untuk seluruh lawan jenis, baik mahram maupun bukan, serta sesama kaum adam.

Yang Sering Ditanyakan Soal Aurat Laki-laki

Pria muda sedang melipat lengan dan tersenyum ke kameraMeski sudah tergambar dengan jelas, masih banyak pertanyaan terkait aurat laki-laki yang sering ditanyakan. Ini beberapa diantaranya:

  1. Apakah dada, rambut, dan dagu laki-laki termasuk aurat?

Berdasarkan ketentuan Islam, dada, rambut, dan dagu laki-laki tidak termasuk aurat.

Meski begitu, Islam juga mengajarkan tentang kesopanan dan perilaku Islami, sehingga Lo tetap perlu untuk menjaga penampilan, menutup dada, dan memilih gaya rambut yang sopan.

  1. Apakah suara laki-laki termasuk aurat?

Dalam Islam, suara bukanlah aurat laki-laki. Meski begitu, penting untuk menjaga tata cara dan kesopanan saat berbicara.

  1. Apakah boleh melihat aurat sesama laki-laki?

Dalam Islam hal ini tidak boleh, kecuali dalam situasi darurat atau kebutuhan tertentu, misalnya saat menjalani tindakan medis. Hal ini dijelaskan dalam HR. Muslim, yang berbunyi:

“Janganlah seorang lelaki melihat aurat lelaki lainnya, dan janganlah seorang perempuan melihat aurat perempuan lainnya.”

Cara Menjaga Aurat Bagi Laki-laki

Pria muda berbaju koko sedang berjalan di pinggir masjidBagaimana cara menutupi aurat? Caranya sebenarnya sederhana, namun perlu Lo lakukan dengan konsisten. Berikut tipsnya:

1. Pakai Pakaian Sederhana dan Longgar

Untuk menghindari terlihatnya bentuk tubuh, sebaiknya pilihlah pakaian yang tidak ketat. Selain itu, sebaiknya pilih outfit simple untuk mengurangi menarik perhatian yang berlebihan. Hal ini menunjukkan sikap sopan dan bermartabat, sikap yang dianjurkan dalam Islam.

2. Merawat dan Menjaga Tubuh

Merawat tubuh, alias self-care, merupakan sebagian upaya untuk menjaga aurat, dan kehormatan, supaya Lo bisa beribadah dengan nyaman.

Salah satu caranya adalah dengan makan makanan bergizi, misalnya buah-buahan, sayur-sayuran, dan protein seperti dada ayam. Upaya ini membuat Lo tetap sehat sehingga bisa beribadah dengan maksimal.

Kemudian, upayakan untuk mandi pagi dan sore setiap hari. Gunakan Kahf Body Wash yang bisa membersihkan tubuh secara maksimal dan membuat Lo wangi sepanjang hari.

Ada dua varian Kahf Body Wash yang bisa Lo pilih, yakni Kahf Brightening and Cooling Body Wash dengan wangi yang membuat Lo berenergi, serta Kahf Acne Fight and Relaxing Body Wash yang dapat membantu membasmi jerawat di tubuh.

Nah, demikian fakta-fakta terkait aurat laki-laki yang perlu Lo tahu. Simple, bukan?

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X