• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Lampion dengan ornamen khas hari raya

Idul Adha identik dengan kebiasaan berkurban, berbagi dengan sesama, serta berkumpul dengan keluarga dan tetangga. Makanya, nggak heran kalau hari penting ini jadi momen yang ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Nah, supaya ibadah lo lebih ‘afdol’, pastikan lo juga menerapkan 11 sunnah Idul Adha ini!

1. Menyerukan Takbir

Close-up bedug di masjid

Lo pasti sudah nggak asing lagi dengan alunan takbir menjelang Idul Adha. Umat Muslim kerap melakukan praktik satu ini di malam hari menjelang Idul Adha hingga waktu ashar di hari tasyrik. Selain untuk melaksanakan sunnah, takbir juga merupakan bentuk penyambutan datangnya hari suci ini.

 

2. Upayakan Bangun Pagi

Jam dinding menunjukkan waktu subuh

Sebagai seorang Muslim, mungkin lo sudah terbiasa bangun pagi untuk salat subuh. Nah, kebiasaan itu jangan sampai hilang, terutama di hari Idul Adha. Pasalnya, dengan bangun lebih pagi, lo jadi punya banyak waktu untuk melakukan sunnah Idul Adha lainnya, sehingga lo bisa beribadah dengan maksimal.

3. Lakukan Mandi Besar

Close-up kepala shower yang mengeluarkan air hangat

Agar ibadah lo sah, salah satu hal yang harus dilakukan sebelum salat Idul Adha adalah mandi besar (ghusal) terlebih dulu. Sesuai anjuran, waktu terbaik untuk mandi besar Idul Adha adalah pada tengah malam hingga dini hari. Tapi, banyak orang memilih untuk mandi saat subuh, baik sebelum atau sesudah salat subuh.

Supaya tubuh terasa segar, pastikan lo mandi menggunakan Kahf Brightening and Cooling Body Wash. Dengan formula yang bisa membersihkan badan hingga ke pori-pori, Body Wash Kahf juga memberi sensasi segar yang membuat lo melek, sekaligus aroma menenangkan yang bisa membantu ibadah lo jadi makin khusyuk.

4. Gosok Gigi Menggunakan Siwak

Batang siwak

Siwak atau miswak adalah ‘alat’ untuk membersihkan gigi yang kerap digunakan oleh Nabi Muhammad SAW. Sikat gigi alami ini terbuat dari akar atau batang pohon Salvadora persica. Selain bisa melindungi gigi dari bakteri, siwak juga bisa membuat napas lo tetap segar.

5. Gunting Kuku dan Rambut

Tampak belakang pria yang sedang mencukur rambut

Bicara soal kebersihan dan kerapian, tentu kuku dan rambut tak boleh luput dari perhatian. Menggunting kuku dan rambut adalah upaya mencegah penumpukan debu dan kotoran di kedua area tersebut.

Meski begitu, sebagian besar mazhab menyebutkan bahwa lo tidak boleh memotong kuku dan rambut sejak tanggal 1 Dzulhijjah hingga selesai berkurban. Jadi, pastikan lo memotong kuku dan rambut sebelum tanggal tersebut, ya.

6. Gunakan Pakaian Terbaik

Pria berpakaian putih sedang berjalan di area masjid

Salah satu hal paling dikenal yang disunnahkan sebelum salat Idul Adha adalah menggunakan pakaian terbaik lo. Tapi, bukan berarti lo wajib beli baju baru untuk dress up, ya. Yang penting, gunakan pakaian lo yang paling bagus, bersih, dan rapi untuk menyambut hari Idul Adha.

7. Gunakan Wewangian

Seorang pria sedang menyemprotkan parfum di leher

Nabi Muhammad SAW menyukai wewangian, dan kerap menggunakannya saat hari Idul Adha. Nah, lo bisa mengikuti ajaran beliau, tentu saja dengan menggunakan produk Eau de Parfum (EDP) dan Eau de Toilette (EDT) dari Kahf.

Di pagi hari, lo bisa gunakan Kahf Saffron Oud EDP yang wanginya longlasting, citrusy, tapi juga sedikit spicy, agar lo merasa segar saat salat Ied. Opsi kedua, lo bisa pilih Kahf Humbling Forrest EDT dengan aroma hutan dan rerumputan yang membuat hati terasa damai.

Kemudian, untuk momen silaturahmi malam hari, lo bisa gunakan Kahf Revered Oud EDP atau Kahf Revered Oud EDT. Keduanya punya aroma hangat dan musky, sedikit manis, serta tahan lama.

8. Tidak Makan Apapun di Pagi Hari

Pria dengan pakaian muslim memegang toples kue

Berbeda dengan Idul Fitri, dimana sunnah-nya adalah makan sebelum berangkat salat, saat Idul Adha, ada anjuran untuk tidak makan apapun di pagi hari, terutama jika lo berkurban.

Meski begitu, lo bisa minum sebelum salat Idul Adha karena hal ini merupakan bagian sunnah. Lalu, lo juga disunnahkan untuk segera makan setelah salat Ied, terutama dari hasil kurban yang akan lo terima.

9. Jalan Kaki ke Masjid

Dua pria berangkulan sambil berjalan ke masjid

Jika tempat tinggal lo tidak jauh dari masjid, upayakan untuk berangkat dan pulang dengan jalan kaki. Makanya, usahakan agar lo berangkat lebih awal, supaya tidak terburu-buru tiba di masjid. Selain itu, disunnahkan juga berangkat dan pulang dari masjid melalui dua rute yang berbeda.

10. Lakukan Salat Ied

Tampak belakang pria sedang takbir saat salat

Untuk menunjukkan rasa hormat dan syukur di hari Idul Adha, upayakan untuk melaksanakan salat Ied di pagi hari. Ibadah satu ini hukumnya sunnah muakkadah, alias sangat dianjurkan.

Umumnya, salat Ied bisa lo lakukan di masjid terdekat. Namun, jika berhalangan, lo juga bisa salat Idul Adha sendiri di rumah.

Namun, jangan lupa, ya, tata cara salat Idul Adha berbeda dengan salat biasa. Salah satu yang membedakannya adalah pelaksanaan takbir sebanyak 7x. Jika lo belum tahu, yang dibaca ketika takbir 7x adalah:

Subhaanallaahi walhamdulillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar”

11. Berkurban

Potret kambing yang dikandang untuk kurban

Anjuran yang terakhir, sekaligus yang paling penting saat Idul Adha adalah berkurban. Di Indonesia, hewan kurban umumnya berupa kambing, sapi, atau domba, namun lo juga bisa berkurban dengan unta. sunnah satu ini sangat dianjurkan, bahkan diwajibkan, untuk mereka yang mampu.Mendekati hari Idul Adha, jangan sampai lo nggak tahu apa saja sunnah Idul Adha. Selain membersihkan rezeki dan hati, jangan lupa bersihkan juga tubuh lo untuk sambut hari raya bersama Kahf!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X