• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Saffron di dalam sendok kayu

Sering disebut sebagai “Emas Merah”, saffron adalah salah satu rempah termahal di dunia. Permintaan akan rempah yang sangat tinggi namun tidak sejalan dengan proses produksinya yang terbatas, membuat harga saffron terus melambung.

Saffron berasal dari bunga Crocus Sativus yang banyak tumbuh di India, Spanyol, dan Italia. Putik bunga dengan warna merah kekuning-kuningan ini banyak dicari karena menawarkan banyak manfaat yang baik untuk tubuh. 

Tidak mengherankan jika banyak orang rela mengeluarkan uang untuk memperoleh sedikit dari rempah berharga ini. Nah, apa aja sih, manfaat saffron ini? 

Beragam Manfaat Saffron

Sering dipakai sebagai bagian dari bumbu masakan, ini segudang khasiat dari putik bunga ajaib ini:

1. Sumber Antioksidan yang Melimpah

Saffron dalam wadah kaca sebagai rempah yang kaya antioksidanKehadiran antioksidan dalam tubuh sangat penting untuk menyeimbangkan radikal bebas. Antioksidan bisa bantu lo menekan kerusakan sel serta memperbaiki sel- sel yang telah rusak sebelumnya. Antioksidan juga bantu lo punya imunitas tubuh yang lebih baik.  

Nah menariknya, rempah ajaib ini kandungan antioksidan cukup melimpah dalam bentuk karotenoid dan flavonoid (bentuk antioksidan terkuat). Inilah yang bikin rempah ini bisa jadi penyumbang antioksidan yang cukup baik ketika lo konsumsi.[1]

2. Mengurangi Berat Badan

Seorang  dengan berat badan berlebih membawa timbanganEkstrak etanol dari saffron sudah terbukti secara efektif mampu menekan nafsu makan berlebihan, memudahkan lo untuk mendapatkan berat badan yang lo inginkan.[2] Dengan saffron, lo akan merasa kenyang lebih lama, yang secara otomatis mengurangi kebiasaan ngemil dan membantu menurunkan berat badan.

3. Menekan Gula Darah

Dokter melakukan pengecekan gula darahManfaat saffron adalah menekan gula darah. Saffron menawarkan cara alami untuk mengelola kadar glukosa dalam darah dan mencegah masalah kesehatan terkait komplikasi diabetes. 

Dari 150 senyawa kimia yang ada di dalam saffron, tiga di antaranya, yakni crocetin, picrocrocin dan safranal, mempunyai kemampuan yang baik dalam meningkatkan sensitivitas insulin tubuh. Ketika sensitivitas ini meningkat, tubuh menjadi lebih efisien dalam menggunakan insulin untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Tidak hanya itu, saffron juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar insulin berkat antioksidan yang tinggi, yang pada gilirannya membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah.[3]

4. Memangkas Level Kolesterol Jahat

Tabung darah untuk cek kolesterolRempah ajaib ini memiliki manfaat luar biasa dalam memangkas level kolesterol jahat, bahkan bisa mengurangi kadar kolesterol jahat hingga 50%. Salah satu senyawa bioaktif dalam saffron yang disebut crocin memainkan peran penting dalam proses ini. 

Senyawa bioaktif ini dapat menghambat lipase pankreas sehingga tubuh tidak bisa menyerap lemak dan kolesterol. Inilah yang bisa membuat kadar keduanya di dalam juga tubuh akan menurun.[4]

5. Mengurangi Insomnia

Seorang pria tidur di atas tempat tidurEfek anti-inflamasi dari crocin yang terkandung dalam saffron dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan ketenangan pikiran. Dengan mengatasi rasa sakit dan mengurangi peradangan, saffron bisa bantu lo tidur lebih nyenyak dan mengurangi masalah insomnia yang kerap lo alami.

Bukan hanya itu, senyawa safranal di dalam saffron juga bakal bantu lo meningkatkan durasi tidur.  Jadi, kalau lo lagi cari cara untuk tidur lebih nyenyak, saffron bisa jadi teman yang sempurna untuk meraih tidur malam yang lebih berkualitas.

6. Meringankan Stres

Seorang pria sedang mengalami stres beratSelain enam manfaat di atas, saffron juga mempunyai kemampuan dalam mengurangi stres dengan cara menurunkan kadar hormon stres: kortikosteron. 

Pengamatan pada seseorang yang menghirup aroma saffron yang menenangkan selama 20 menit menunjukkan penurunan kadar hormon stres dalam air liur mereka. Bukan hanya itu, level kecemasan juga mengalami penurunan.[5]

Nah, ternyata aroma saffron bisa menjadi bantuan yang efektif untuk mengurangi tingkat stres. Tapi, lo penasaran gak sih, aroma bunga saffron seperti apa

Aroma saffron memang memiliki keunikan tersendiri dan bisa sedikit sulit untuk dijelaskan dengan detail. Umumnya, wangi saffron mengingatkan pada bau manis yang mirip dengan madu dan aroma rumput yang menyerupai jerami kering. Selain itu, ada juga sentuhan aroma earthy yang hangat.

7. Sebagai Bahan Campuran Parfum

Parfum EDP Kahf Saffron Oud diatas tumpukan pasirTidak hanya dikenal karena manfaat kesehatannya tetapi juga karena keharumannya yang unik. Dalam dunia parfum, saffron sering digunakan untuk memberikan sentuhan aroma yang kaya, hangat, dan sedikit pedas. 

Salah satu contoh produk yang menggabungkan keharuman saffron dengan sempurna adalah Kahf Saffron Oud Eau de Parfum 100 ml. Parfum ini menawarkan kombinasi aroma segar dan spicy dari saffron yang dipadukan dengan keharuman eksotis dari oud, menciptakan pengalaman aroma yang memikat dan tahan lama.

Saat lo menyemprotkan Kahf Saffron Oud Eau de Parfum, lo akan langsung disambut oleh aroma saffron yang memikat. Menggabungkan manisnya jeruk mandarin dan spicynya cengkeh, kombinasi ini memberikan keharuman yang gak hanya memanjakan indera penciuman, tetapi juga kasih semangat di pagi hari.

Dengan semua manfaat yang ditawarkan, tidak mengherankan jika saffron adalah salah satu bahan yang terus digemari. Gak hanya dalam kuliner, keharumannya yang unik juga menjadikannya sebagai bahan parfum yang menarik. Bagi lo yang penasaran sama wanginya, jangan lupa pake Saffron Oud Eau de Parfum dari Kahf!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X