• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Pria muda Asia melakukan gestur sukses sebagai akibat dara cara merubah diri menjadi lebih baik

Berusaha menjadi versi terbaik dari diri sendiri adalah hal yang diupayakan oleh banyak orang, terutama para pria yang seringkali dipandang sebagai pemimpin. Yuk, kita bahas beberapa cara cara merubah diri menjadi lebih baik demi mencapai potensi maksimal Lo!

1. Mengenali Potensi Diri

Buku catatan dengan mind map improvementPengembangan diri dimulai dengan langkah kecil, yakni mengenali diri sendiri. Dengan melakukan ini, Lo akan memiliki motivasi dan tujuan yang lebih kuat, serta tidak mudah menyerah. Beberapa cara untuk mengetahui potensi diri adalah mencoba berbagai hal baru serta memiliki sikap open mind terhadap berbagai hal.

2. Menetapkan Tujuan yang Jelas

Kompas dan panah yang menunjuk ke segala arahMemiliki keinginan untuk berubah menjadi lebih baik adalah niat yang baik. Namun, konsep ‘lebih baik’ itu sangatlah luas. Oleh karena itu, penting bagi Lo untuk menentukan tujuan yang spesifik. Dengan begini, Lo bisa mengidentifikasi area diri yang perlu ditingkatkan dan bisa merancang langkah-langkah yang konkret.

3. Mengembangkan Kebiasaan Positif

Post-it note berisi kalimat "break bad habits, build good habits"Sadar atau tidak, kebiasaan yang Lo lakukan sehari-hari dapat membentuk pemikiran dan tindakan Lo, terutama saat menghadapi tantangan. Maka dari itu, pastikan Lo memilih kebiasaan yang baik, supaya Lo juga bisa menjadi sosok yang lebih positif seiring waktu.

4. Mengelola Waktu dengan Efektif

Buku catatan berisi to-do-list dan note bertuliskan "fresh start"Waktu adalah aset yang sangat berharga, sehingga wajib lo kelola dengan baik. Dengan begini, Lo bisa melakukan tugas-tugas penting sambil tetap menyisihkan waktu untuk pengembangan diri.

Salah satu tips mengelola waktu dengan baik adalah membuat jadwal untuk kegiatan harian, mingguan, serta bulanan. Kemudian, kurangi melakukan aktivitas yang kurang produktif, seperti scrolling di media sosial.

5. Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik

Pria muda sedang memotret di tamanSemangat yang tinggi adalah ‘bahan bakar’ yang wajib Lo punya untuk mengembangkan diri. Namun, ‘bahan bakar’ ini bisa habis jika Lo tidak menjaga kesehatan mental dan fisik. Menerapkan pola hidup sehat dan melakukan hobi merupakan beberapa trik untuk menjaga kedua aspek tersebut agar tetap prima.

6. Membangun Hubungan Sosial yang Positif

Sekelompok sahabat sedang main gitar dan bernyanyi bersamaMembangun hubungan sosial yang positif merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan value diri Lo. Pasalnya, hal ini akan memberi Lo dukungan emosional serta kesempatan untuk meningkatkan kebahagiaan dan menghindari burn out.

Untuk melakukannya, Lo bisa bergabung dengan komunitas atau mengikuti kegiatan volunteer. Jangan lupa perlihatkan sikap yang ramah, banyak tersenyum, dan empati kepada siapapun yang Lo temui.

7. Evaluasi dan Refleksi Diri Secara Berkala

Tampak belakang pria sedang main gitar menghadap danauMelakukan refleksi diri mungkin terdengar sederhana, namun manfaatnya sangat besar. Dengan melakukan ini, Lo dapat lebih memahami diri sendiri dengan lebih dalam, meningkatkan empati, serta membantu proses pengambilan keputusan.

Untuk memulainya, Lo bisa coba mempertanyakan tindakan dan perasaan Lo melalui pertanyaan-pertanyaan reflektif, misalnya:

  • Tantangan atau kesulitan apa yang Lo hadapi hari ini? Bagaimana perasaan dan apa tindakan Lo?
  • Apakah tindakan Lo hari ini mencerminkan tujuan dan prinsip Lo?
  • Apa yang Lo pelajari dari pengalaman hari ini?

Selain itu, Lo juga bisa menggunakan teknik journaling untuk memandu proses berpikir Lo.

8. Mengambil Langkah Kecil, Tapi Konsisten

Gambaran tangga menggunakan batang kayu dan bohlamPerubahan besar seringkali dimulai dari hal-hal kecil. Maka dari itu, hindari bersikap buru-buru untuk mengubah diri Lo secara instan, dan lakukan langkah-langkah kecil supaya semangat Lo tetap menyala. Misalnya, jika Lo ingin lebih sehat, Lo bisa sisihkan waktu untuk olahraga secara singkat, namun wajib Lo lakukan setiap hari.

9. Terus Belajar dan Berkembang

Pria muda sedang tidur di sekeliling bukuModal terbesar bagi orang yang ingin upgrade diri menjadi lebih baik bukanlah materi, tapi keinginan untuk terus belajar dan berkembang. Maka dari itu, penting untuk Lo memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan belajar dari kegagalan. Dengan begini, Lo akan cepat beradaptasi dan bisa meningkatkan kepercayaan diri.

10. Membangun Keberanian untuk Berubah

Penunjuk jalan di aspal dan skateboardThe only constant in life is change” (“Satu-satunya hal yang konstan adalah perubahan”)

Quote ini menunjukkan bahwa perubahan adalah hal yang lumrah terjadi, dan harus Lo terima dengan terbuka. Dengan bersikap berani terhadap perubahan, Lo akan meningkatkan kemampuan beradaptasi dan lebih mudah bertransformasi menjadi sosok yang lebih baik.

11. Membaca Buku The Courage to be Disliked

Sampul buku The Courage to be DislikedThe Courage to be Disliked atau ‘Berani Tidak Disukai’ adalah buku panduan yang wajib Lo baca untuk mengembangkan diri Lo. Buku ini mengajak Lo untuk mengambil kendali atas hidup Lo sendiri melalui berbagai cara, mulai dari yang sederhana seperti mandi pagi dan merawat diri, hingga memaafkan diri sendiri.

Dengan menerapkan konsep-konsep dalam buku ini, akan semakin mudah proses Lo untuk mencapai kebahagiaan sejati. Jadilah sosok yang Lo sukai, tanpa bergantung pada ekspektasi orang lain terhadap Lo.

Sebagai cara merubah diri menjadi lebih baik, yang terpenting bukan seberapa besar ambisi Lo, melainkan tindakan nyata yang Lo ambil. Ingat, Konsistensi dalam melakukan perubahan positif jauh lebih berarti daripada perubahan besar yang cepat terhenti.

Ingin mewujudkan ambisi Lo menjadi kenyataan? Ayo cari tahu caranya di Kahf Forward yang akan diselenggarakan di Arena Indonesia GBK pada tanggal 27-29 September.

Melalui Kahf Forward, Kahf ingin membantu Lo untuk melakukan #LangkahBerdampak, baik untuk diri sendiri, Indonesia, maupun dunia. Dengan tagline Action Speaks Loudest, Lo akan belajar mengembangkan diri melalui berbagai sesi, kelas, dan aktivitas bersama teman-teman yang punya ambisi serupa.

Ayo siap-siap, kosongkan kalender Lo dan ubah rencana lo menjadi aksi bersama Kahf.

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X