• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Pria yang sedang bercermin dan menyentuh brewok nya

Hukum memelihara jenggot bukan hanya tentang anjuran agama. Ada berbagai dampak positif yang bisa lo rasakan, termasuk kebersihan dan penampilan pria modern. 

Menjaga jenggot tetap bersih dan rapi akan menghindarkan lo dari iritasi kulit maupun penumpukan kotoran, sekaligus mencerminkan gaya hidup sehat yang banyak pria masa kini ikuti. Dalam konteks maskulinitas, jenggot sering merepresentasikan kekuatan dan kedewasaan. 

Apakah lo berniat merawat facial hair satu ini? Simak hukumnya dalam agama, manfaat memelihara jenggot, serta tips merawatnya agar selalu fresh sepanjang hari!

Bagaimana Hukum Memelihara Jenggot dalam Islam?

Pria berjenggot berbaju hitamHukum memelihara dan merawat jenggot menjadi topik yang memiliki beberapa pandangan berbeda dari para ulama. Mazhab Hambali dan sebagian mazhab Syafi’i, misalnya, berpendapat bahwa hukum memelihara jenggot adalah wajib, sehingga mencukurnya dengan habis bisa dianggap haram. 

Argumen ini berdasarkan pada sabda Rasulullah saw., “Potonglah kumismu dan biarkan jenggotmu tumbuh.” (HR. Muslim). Ini dianggap menjadi dasar kuat, yang membedakan umat Muslim dari orang musyrik.

Sementara itu, mazhab Syafi’i lainnya dan juga Maliki mengategorikannya sebagai sunnah memelihara jenggot. Artinya, pahala untuk mereka yang melakukannya dan tidak berdosa apabila meninggalkannya. 

Pendapat ini lebih fleksibel, dengan dasar bahwa perintah memelihara jenggot adalah bagian dari budaya pada zaman Nabi, bukan kewajiban syar’i yang mutlak.

Secara keseluruhan, meskipun ada perbedaan pandangan mengenai hukum dan anjuran memelihara jenggot, penting untuk memahami bahwa keputusan ini bergantung pada pandangan individu. Menjaga kebersihan dan penampilan, di sisi lain, adalah bentuk penghormatan pada diri sendiri dan agama.

Memelihara Jenggot dan Manfaatnya

Pria pakai hoodie berjenggotSelain menjadi sunnah, memelihara jenggot atau beard menawarkan banyak manfaat, terutama dari sisi kesehatan dan penampilan lo. 

Berikut adalah lima manfaat utama menumbuhkan facial hair:

  • Penelitian menyebutkan bahwa jenggot tebal membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV hingga 95%.[1] 
  • Dengan mencegah paparan UV berlebih, risiko penuaan dini juga menurun. Hal ini terjadi karena UV mengambil kelembapan alami kulit wajah
  • Wajah lo seperti memiliki filter alami yang menyaring debu dan alergen sebelum terkena kulit maupun masuk ke saluran pernapasan. Makanya, jenggot disebut mengurangi asma dan reaksi alergi.
  • Mencegah infeksi kulit akibat terlalu sering menggunakan pisau cukur.
  • Beard sering diasosiasikan dengan maskulinitas dan kedewasaan. Penelitian juga menunjukkan bahwa pria berjenggot terlihat lebih menarik di mata lawan jenis.[2]

Dengan berbagai manfaat ini, tak heran kalau jenggot bukan hanya tren karena anjuran agama, tapi juga kesehatan dan penampilan.

Tips Menjaga Jenggot Bersih dan Sehat

Ketika lo memutuskan memiliki beard, kita tidak sedang bicara tentang menumbuhkannya saja. Lo perlu merawatnya dengan baik dan benar agar tetap sehat, bersih, dan tampak rapi. 

Berikut adalah beberapa tips praktis yang bisa lo ikuti:

1. Cuci secara Rutin

Pria mencuci jenggotnyaMenjadi filter alami, facial hair bisa menjadi tempat menempelnya debu dan kotoran di udara. Makanya, cuci jenggot lo secara rutin dengan shampo agar kotoran dan minyak serta sisa makanan hilang sempurna. Kebersihan jenggot juga membantu mengurangi kemungkinan iritasi kulit maupun pertumbuhan bakteri di area jenggot.

2. Sisir Jenggot

Pria yang sedang menyisir janggut nyaRapikan jenggot lo dengan menggunakan sisir kecil. Selain agar rapi, menyisir jenggot juga berguna merangsang folikel rambut agar tumbuhnya lebih rata.

3. Jaga Panjang dan Bentuknya

Merawat jenggot di barberPenampilan akan tetap fresh kalau lo menjaga panjang dan bentuk jenggot lo. Makanya, pangkas jenggot lo secara berkala, apalagi kalau panjangnya sudah tidak beraturan atau membuat tampilan berantakan. Jangan ragu untuk cek referensi model jenggot yang cocok untuk bentuk muka lo, agar ganteng maksimal.

4. Pakai Alat Potong yang Tepat

Pria sedang bercukurPastikan lo punya alat potong atau cukur yang khusus untuk jenggot. Pastikan pisaunya tajam dan mudah digunakan maupun dibersihkan. Trimmer elektrik, misalnya, membantu lo bercukur dengan cepat.

5. Gunakan Produk Perawatan Khusus Jenggot

Kahf Beard CareAgar jenggot selalu sehat dan indah, berikan perawatan yang jenggot lo perlukan. Kahf hadir dengan beard care yang membantu lo mendapatkan jenggot sehat terawat dan bersih sepanjang hari.

Kahf Nourishing Beard and Hair Oil adalah yang lo butuhkan untuk merawat jenggot. Campuran Moroccan argan oil, apricot kernel oil, dan NourishGro™ memungkinkan jenggot tampak sehat dan mengaturnya juga lebih mudah. Formulanya yang ringan sangat efektif melembapkan kulit tanpa bikin jenggot terasa oily.

Sementara itu, Kahf Advancing Beard and Hair Serum adalah solusi nutrisi jenggot yang lebih dalam. Serum ini membantu facial hair lo tumbuh dengan lebih baik. Tambahan aromanya juga menyenangkan sehingga lo tampil dengan lebih percaya diri sepanjang hari.

Lebih dari apapun, jenggot bukan hanya tentang nilai religius, tapi juga cermin kesehatan dan kebersihan diri. Jaga jenggot lo tetap sehat dan rapi dengan menggunakan produk perawatan jenggot yang tepat, seperti Kahf. 

Dengan perawatan yang benar, jenggot lo akan tampil lebih terawat dan mudah diatur. Yuk, pahami hukum memelihara jenggot dari berbagai perspektif dan rawat facial hair lo dengan produk Kahf hari ini!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X