• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Tangan menyambut matahari

Manfaat berjemur di pagi hari seringkali terabaikan, apalagi bagi pria yang hidup di kota sibuk. Sementara itu, merawat diri bukan sebatas diet dan olahraga saja. Tubuh lo juga perlu asupan alami dari luar, seperti sinar matahari pagi yang menyehatkan. 

Lalu kenapa berjemur di pagi hari sebaiknya tidak lo abaikan? Temukan jawabannya di artikel ini.

Mengenal Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Berikut adalah beberapa keutamaan membiarkan tubuh terpapar sinar matahari ketika hari masih pagi.

1. Meningkatkan Produksi Vitamin D

Pria menatap matahari dari atas gunungLo bisa mendapatkan vitamin D alami dari paparan matahari pagi. Vitamin ini sebenarnya ada di dalam tubuh lo dan hanya bisa diaktifkan apabila lo terpapar sinar UVB ketika pagi. Dengan begitu, penyerapan kalsium dan kesehatan tulang serta fungsi otot terjaga. 

Sebenarnya vitamin D bukan sebatas kesehatan tulang maupun pembentukan otot. Lebih dari itu, vitamin ini penting dalam menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh jauh-jauh dari penyakit.

2. Mengatur Kadar Hormon

Pria berjalan di pinggir jalanHormon testosteron menjadi hormon yang penting bagi pria. Sementara itu, produksi hormon ini akan semakin lancar apabila asupan vitamin D di tubuh lo cukup. 

Vitamin D sendiri berperan dalam memicu produksi hormon luteinizing atau LH, yang berperan dalam merangsang produksi testosteron. Makanya, lo memerlukan sinar matahari untuk mengaktifkan vitamin D di tubuh sehingga hormon LH dapat melakukan tugasnya.

3. Memperbaiki Mood

Pria memberikan gestur bahagiaSinar matahari pagi juga berperan penting dalam produksi hormon serotonin atau “happy hormon”. Hormon ini juga yang meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati sehingga lo merasa nyaman. 

Selain itu, kadar serotonin yang cukup menurunkan risiko kecemasan maupun depresi dengan bikin tidur malam lo lebih nyenyak.

4. Melancarkan Metabolisme

Memegang raket tenisSalah satu kunci hidup bugar adalah dengan memiliki metabolisme lancar—salah satunya adalah berkat paparan matahari pagi. Serotonin yang berhasil diproduksi tubuh nggak cuma bikin lo bahagia tapi juga mendukung fungsi metabolisme yang efisien. 

Dengan begitu, pembakaran kalori lebih lancar dan bikin stabil pemrosesan lemak sehingga meningkatkan energi lo dalam beraktivitas.

5. Sehat untuk Kulit

Pria berdiri di padang rumputPaparan sinar UVB yang terkontrol ternyata juga meningkatkan daya tahan kulit terhadap berbagai infeksi. Bahkan untuk mereka yang memiliki masalah kulit seperti psoriasis dan infeksi harus terpapar matahari pagi. Hal ini karena sifat anti-inflamasi yang terdapat pada sinar matahari pagi

Tidak hanya itu, produksi melanin ikut meningkat sehingga kerusakan akibat sinar UV jahat dapat diminimalisasi. Namun, perlu lo garisbawahi kalau berjemur juga ada aturannya. 

Durasi yang disarankan adalah 10-15 menit saja dan sebaiknya sebelum jam 9 pagi. Beberapa area yang harus kena paparan matahari pagi mencakup lengan dan kaki, wajah, punggung dan bahu, serta dada. Untuk meminimalkan risiko terbakar dan keriput—terutama di area muka—pakai sunscreen favorit lo.

Jangan Anggap Remeh Mandi Setelah Berjemur

Air shower di tengah lapanganSalah satu manfaat penting mandi pagi setelah lo selesai berjemur adalah membersihkan keringat dan sisa kotoran yang menempel pada kulit. Selama berjemur, tubuh cenderung berkeringat lebih banyak. Kalau lo biarkan saja, maka berpotensi menyumbat pori yang berakibat iritasi hingga jerawatan.

Selain bikin bersih, mandi bikin badan terasa segar setelah terpapar panasnya matahari. Pakai air dingin saat mandi setelah berjemur dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang naik dan memberikan efek menyegarkan.

Hal ini karena air dingin merangsang sirkulasi darah dan bikin tubuh kembali bugar setelah beraktivitas di bawah sinar matahari.

produk body wash KahfJangan lupa pakai Kahf Body Wash. Produk ini dirancang untuk membersihkan kotoran serta keringat hingga ke pori-pori tanpa bikin kulit terasa kering. Makanya, sabun mandi ini cocok lo pakai setelah tubuh berkeringat. 

Aroma sabun mandi pria dari Kahf ini juga segar dan khas, sehingga lo nggak cuma merasa bersih tapi juga rileks karena aromanya. Dengan formula yang mampu angkat kotoran dengan optimal, Kahf Body Wash bantu kulit lo sehat dan segar, terutama kalau lo pakai air dingin!

Jadikan Berjemur di Pagi Hari Rutinitas Lo

Pria berdiri di atas batuSetelah mengetahui banyaknya manfaat dari berjemur pagi-pagi, sebaiknya lo menjadikan aktivitas ini bagian dari rutinitas. Cukup 10-15 menit setiap harinya sebelum jam 9 pagi, lo bisa merasakan dampak positif yang signifikan pada kebugaran tubuh serta kesehatan kulit pria. Pastikan juga beberapa area tubuh terpapar sinar matahari untuk hasil optimal.

Bersihkan tubuh lo dari keringat dan kotoran dengan Kahf Body Wash. Aroma segar dan formula yang efektif namun ringan, ini adalah pilihan ideal untuk jaga kesehatan kulit secara alami dan perawatan tambahan! 

Lebih dari apapun, berjemur di pagi hari bisa menjadi langkah kecil namun efektif dalam menjaga kesehatan fisik dan mental lo. Yuk, mulai kebiasaan ini dan rasakan sendiri manfaat berjemur di pagi hari!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X